Resep Favorit: Iga Kambing Bakar Aroma Jeruk



Bayangkan perpaduan sempurna antara gurihnya iga kambing dan segarnya aroma jeruk yang membangkitkan selera. Tak hanya itu, iga kambing bakar ini begitu lezat hingga setiap gigitannya membuatmu ingin tambah lagi dan lagi. 

Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk, ikuti resep dan tips berikut untuk menghadirkan hidangan istimewa ini di rumahmu!


Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai, pastikan kamu menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus kamu siapkan:

- 1 kg iga kambing

- 2 buah jeruk nipis (ambil airnya)

- 3 siung bawang putih (cincang halus)

- 1 buah bawang bombay (cincang halus)

- 2 sendok makan kecap manis

- 1 sendok makan saus tiram

- 1 sendok makan madu

- 1 sendok teh merica bubuk

- 1 sendok teh garam

- 1 sendok teh gula merah (serut)

- 2 sendok makan minyak zaitun atau minyak goreng

- 1 batang serai (memarkan)

- 2 lembar daun jeruk (sobek-sobek)


Langkah-Langkah Membuat Iga Kambing Bakar Aroma Jeruk

1. Persiapan Iga Kambing

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan iga kambing. Cuci bersih iga kambing, kemudian lumuri dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 15 menit agar bau amisnya hilang.


2. Membuat Marinade

Selanjutnya, kita akan membuat marinade atau bumbu rendaman. Campurkan bawang putih, bawang bombay, kecap manis, saus tiram, madu, merica bubuk, garam, gula merah, minyak zaitun, serai, dan daun jeruk dalam satu wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.




3. Merendam Iga Kambing

Masukkan iga kambing ke dalam wadah berisi marinade. Pastikan iga kambing terendam dan terbalur bumbu secara merata. Tutup wadah dengan plastik wrap atau penutup, lalu simpan di dalam kulkas selama minimal 2 jam. Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa merendamnya semalaman.


4. Memanggang Iga Kambing

Panaskan panggangan atau grill pan. Sambil menunggu panas, keluarkan iga kambing dari kulkas dan biarkan pada suhu ruang selama beberapa menit. Setelah panggangan panas, letakkan iga kambing di atasnya. Panggang iga kambing sambil sesekali diolesi sisa marinade agar bumbunya semakin meresap. Panggang hingga iga kambing matang sempurna dan berwarna kecokelatan.


5. Sentuhan Akhir

Setelah iga kambing matang, angkat dan sajikan di atas piring saji. Peras sedikit air jeruk nipis di atas iga kambing untuk memberikan aroma segar. Kamu juga bisa menambahkan irisan jeruk nipis di sisi piring sebagai garnish.


Tips Tambahan untuk Hasil yang Lebih Lezat

1. Pemilihan Iga Kambing: Pilih iga kambing yang segar dengan daging yang masih merah muda. Daging yang segar akan memberikan cita rasa yang lebih lezat dan tekstur yang lebih empuk.

2. Teknik Memanggang: Pastikan panggangan atau grill pan benar-benar panas sebelum memasukkan iga kambing. Suhu yang tinggi akan membantu mengunci jus daging sehingga iga kambing tetap juicy dan tidak kering.

3.Bumbu Meresap: Untuk hasil terbaik, rendam iga kambing dalam bumbu marinade semalaman. Ini akan membuat bumbu meresap lebih dalam dan menghasilkan rasa yang lebih kaya.

Mencoba resep iga kambing bakar aroma jeruk ini di rumah akan menjadi pengalaman kuliner yang memuaskan. Perpaduan antara kelezatan iga kambing dan aroma jeruk yang menyegarkan menciptakan harmoni rasa yang tak tertandingi. Sajikan hidangan ini untuk acara spesial atau makan malam bersama keluarga, dan lihat betapa mereka akan menikmatinya.

Dengan langkah-langkah yang mudah diikuti dan bahan-bahan yang sederhana, kamu bisa menghadirkan hidangan istimewa ini di meja makanmu. Selamat mencoba, dan semoga resep ini menjadi favorit baru di rumahmu!***

Youtube @ukhtizencom 



You Might Also Like

0 comments