Heboh Zat Pengawet Berbahaya di Roti, Ikuti Saran Ini Jika Terlanjur Makan

 


Belakangan ramai diberitakan, Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM) menarik peredaran roti merk Okko yang diproduksi oleh PT Abdi Rasa Food. Produk tersebut mengandung natrium dehidroasetat, zat pengawet berbahaya yang sering dipakai untuk kosmetik. 

Bagaimana jika kita terlanjur makan roti itu?

Dilansir dari detik  Kamis (25/7/2024), Plt Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM RI Emma Setyawati mengimbau bagi yang telanjur mengonsumsinya dan ada riwayat hipersensitivitas untuk mendatangi fasilitas kesehatan terdekat.

Pasalnya, reaksi yang muncul ketika mengonsumsi natrium dehidroasetat rentan dialami mereka dengan riwayat hipersensitivitas. Ada kemungkinan kelompok tersebut, dalam jumlah paparan natrium dehidroasetat tertentu, mengalami reaksi alergi dan rasa tidak nyaman di saluran cerna.

Namun, Emma memberikan catatan bahwa tidak semua keluhan bisa dikaitkan dengan paparan natrium dehidroasetat."Kalau orang sudah konsumsi 3 bulan lalu dan sekarang sakit perut, ya itu nggak ada kaitannya," lanjut dia.

Bagaimana Cara Menghindari Efek Samping Zat Pengawet ?

Untuk menghindari efek samping dari zat pengawet dalam roti, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan:

1. Pilih Roti Segar
Pilih roti yang segar dan diproduksi tanpa zat pengawet. Roti dari toko roti lokal atau yang dipanggang di rumah biasanya lebih aman.

2. Baca Label
Selalu periksa label pada kemasan roti. Hindari produk yang mengandung bahan kimia seperti asam propionat, BHA, dan BHT.

3. Buat Sendiri di Rumah
Membuat roti sendiri di rumah adalah cara terbaik untuk mengontrol bahan-bahan yang digunakan. Kita bisa menggunakan bahan-bahan alami dan menghindari zat pengawet sama sekali.***

You Might Also Like

0 comments