8 Tanaman Hias yang Bisa Mendinginkan Ruangan

 


Ingin rumah terasa sejuk tanpa harus bergantung pada AC? Ternyata ada beberapa tanaman yang bisa membantu mendinginkan ruangan sekaligus mempercantik interior rumah. 

Yuk, simak daftar tanaman berikut yang tak hanya efektif menurunkan suhu ruangan, tapi juga mudah perawatannya!


1. Lidah Mertua (Sansevieria)

Tanaman yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Lidah mertua tidak hanya dikenal karena bentuknya yang unik, tetapi juga kemampuannya menyerap racun dan menghasilkan oksigen di malam hari. NASA mengatakan, tanaman Lidah Mertua adalah tanaman terbaik untuk menghilangkan polutan dalam ruangan seperti benzena dan formaldehida. Perawatannya sangat mudah, cukup siram satu atau dua kali seminggu dan letakkan di tempat dengan cahaya tidak langsung.


2. Lidah Buaya (Aloe Vera)

Selain bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit, Lidah Buaya juga mampu menurunkan suhu ruangan. Para ilmuwan mengatakan, lidah buaya dapat membantu menghilangkan formaldehida dan benzena dari udara. Tanaman ini juga dapat menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen di malam hari, sehingga menyimpan tanaman lidah buaya di kamar tidur dapat membantu penghuni tidur lebih nyenyak. Tanaman ini menyukai sinar matahari tidak langsung dan tanah yang sedikit kering. Pastikan untuk tidak menyiramnya terlalu sering, cukup saat tanahnya mulai kering.


3. Pohon Areca (Dypsis lutescens)

Pohon Areca atau palem kuning bisa menjadi pilihan tepat untuk mendinginkan ruangan. Tanaman ini bisa tumbuh cukup tinggi dan menyebarkan kelembapan ke udara. Selain itu, pohon palem ini juga sangat baik dalam menyaring benzena dan trikloretilena di udara. Perawatannya mudah, cukup siram secara teratur dan letakkan di tempat yang terang namun tidak terkena sinar matahari langsung.



4. Peace lily (Spathiphyllum) 

Menurut ilmuwan dari NASA dan University of Technology Sydney, Peace lily merupakan tanaman yang dapat mengurangi racun dalam ruangan. Semakin luas daun yang dimiliki tanaman, semakin tinggi jumlah oksigen dan kelembapan yang dilepaskannya selama transpirasi.  Letakkan tanaman di bawah cahaya tidak langsung dan pertahankan suhu ruangan di atas 12 derajat celcius. Siram peace lily lebih sedikit saat musim hujan dan lebih sering saat udara kering.


5. Tanaman Pothos (Epipremnum aureum)

Pothos adalah salah satu tanaman yang sangat mudah dirawat dan cocok untuk pemula. Tanaman ini dapat bertahan di berbagai kondisi cahaya, baik terang maupun redup. Cukup siram secara teratur dan pastikan tanahnya tidak terlalu basah.


6. Sirih Gading (Scindapsus pictus)

Sirih Gading memiliki daun yang cantik dengan corak putih kehijauan. Tanaman ini bisa ditempatkan di pot gantung atau dijadikan tanaman merambat. Perawatannya mudah, cukup siram satu atau dua kali seminggu dan letakkan di tempat dengan cahaya tidak langsung.


7. Boston Fern (Nephrolepis exaltata)

Pakis Boston adalah tanaman yang sangat efektif dalam menambah kelembapan udara dan menyaring polutan seperti formaldehida dan benzena.  Tanaman ini menyukai lingkungan lembap dan cahaya tidak langsung. Pastikan untuk menyiramnya secara teratur dan menjaga kelembapan tanahnya.


8. Spider Plant (Chlorophytum comosum)

Spider plant atau tanaman laba-laba adalah pilihan yang sangat baik untuk mendinginkan ruangan. Selain mampu mendinginkan udara di dalam ruangan, spider plant juga dapat menyerap racun atau polutan yang ada di sekitarnya. Tanaman ini sangat mudah dirawat dan bisa ditempatkan di berbagai kondisi cahaya. Cukup siram secara teratur dan pastikan tanahnya tidak terlalu kering.


Baca juga:
Inspirasi Desain Kamar Mandi Minimalis yang Modern


Bonus Tip: Kombinasi Tanaman dan Kipas Angin

Untuk efek pendinginan yang maksimal, kombinasikan penggunaan tanaman-tanaman di atas dengan kipas angin. Letakkan beberapa tanaman di sekitar kipas angin untuk membantu menyebarkan udara sejuk ke seluruh ruangan. Selain membuat ruangan lebih sejuk, kombinasi ini juga akan membuat udara lebih segar dan sehat.

Dengan menambahkan tanaman-tanaman ini di rumah, udara dalam rumah jadi lebih sejuk dan memberikan suasana yang lebih asri dan menenangkan. Selamat mencoba!***

Youtube @ukhtizencom 

You Might Also Like

0 comments